Feb 18, 2014

Misunderstanding

Postingan ini gue buat tentang kesalahpahaman yang terjadi antara gue, cowo gue, dan temen sekelas gue. Yaa bisa dibilang ini semacam penjelasan yang terjadi, biar jelas semua-muanya. Tengso buat temen-temen yang udah mau nyempetin baca postingan gue ini. Well, karena asli, ini masalah sepele yang mendadak jadi besar karena adanya kesalahpahaman..

Semuanya bermula ketika cowo gue ngetwit di sore hari tentang sesuatu yang ternyata bersinggungan sama yang dimiliki oleh kelas gue. Ribet yah? Oke, gue perjelas dengan gambar. Cowo gue ngetwit begini :


Terlihat biasa. Nyindir pun kagak kalo buat gue. Dia biasa ngetwit iseng kayak begini. Oke? Dan liat di bagian bawah twit dia, gue ngeretweet. Kenapa gue ngeretweet? Karena menurut gue twit dia ada benernya juga. Gue masih belom tau bakal bisa survive atau kagak pas gue jadi lone aquatic ranger. Ini gue jadiin motivasi buat gue. Kenapa motivasi? Nanti gue jelasin di bawah alesannya. Semuanya masih biasa aja sampe mendadak ada seseorang yang sms gue ngasih tau kalo ada semacam twitwar antara cowo gue dan salah seorang temen gue.

Gue pun ngecek timeline gue dan bener aja. Twit yang pertama gue liat ya twit mereka berdua. Cowo gue asik ngetwit sendiri dan beberapa twit dia dibales sama temen gue. Mereka berdua ngebahas masalah aquatic ranger yang dibahas cowo gue. 


Awalnya gue aneh, darimana temen gue bisa masalah twit cowo gue? Dan kenapa bahasan mereka tentang itu. Jujur, awalnya gue kagak kekode. Oke dan gue kemudian inget, gue ngeretweet satu twit cowo gue (gambar di atas) dan cuman satu itu. Selanjutnya mungkin temen gue ngefollow cowo gue atau kagak, gue kurang tau masalah itu. Terus kenapa aquatic ranger jadi concern mereka? Ternyata karena ini :


Ini adalah desain jaket angkatan gue. See? Aquatic rangers jadi label di jaket gue. Menurut gue kagak ada masalah. Sekali lagi gue bilang, kagak ada masalah. Karena gue mikirnya ya begitu, sebagai motivasi gue. Tapi ternyata ada yang sakit hati dari retweet-an gue. 

Yang gue aneh di sini adalah kata "menghina" dan "melecehkan jurusan sendiri". Kenapa sampe dibilang kayak begitu? Di bagian mana bagian "menghina" dan "melecehkan jurusan sendiri"-nya? Gue pun milih buat diem dulu masalah begini. Karena menurut gue kagak ada yang salah, tapi gue ngeliat ke arah kesalahpahaman dan salah mengartikan twit cowo gue.

Kemudian salah satu temen sekelas gue pun nge-Line ke gue. Intinya dia minta gue buat stop retweet-an gue karena bikin masalah di kelas dan bikin anak sekelas sakit hati. Yang bikin gue miris dengan kata-kata :

"... cowo lo mau ngebacot kaya gimana ngehina sana sini ..."

"... lebih banyak yg berpikir itu negatif ..."

"... coba lebih menghargai perasaan temen lo aja dh ..."

Segitu jelek kah cowo gue di mata mereka? Ngebacot dan ngehina sana sini? Cowo gue tulisannya negatif semua? Gue di sini obyektif, gue nge-retweet semua yang menurut gue bener. Kagak semua twit cowo gue yang gue retweet. Ada twit lain juga, bahkan mungkin lebih negatif, tapi yang mereka permasalahkan twit cowo gue. Dan kagetnya gue pas dibilang

"... A (inisial) udh jadi korban nya ..."

Korban? Sebentar? Korban apa? Gue sama cowo gue pernah ngapain emang? Dan saat gue kembali flashback, gue inget masalah gue dan A di BBM. Oke, jujur, untuk itu gue emang sengaja. Gue curhat sama cowo gue masalah itu, dia liat dan langsung baca. Dia pun nge-twit sesuatu yang dianggep sama A cukup kasar. Tapi gue kagak mensyen nama orang yang kita omongin di BBM dan twit itu. A BBM gue, gue pun konfirmasi. Kita ngomong dan dari BBM-nya gue tau, A marah besar sama gue. Gue coba ngomong tapi di-read doang. Gue diemin juga dia, karena apa? Kalau berhubungan sama orang yang sedang emosi, kagak bakal beres itu masalah. So, gue diemin dia. Gue kira case closed, ternyata kagak. Masalah gue dan A pun nyebar. Sampe temen gue yang nge-Line gue pun tau masalah ini. Yang makin gue kaget banget banget pas dia bilang :

"... Nih ya bentar lg cowo lo bikin status lagi buat gw. Ah kekanakan" bgt ..."

Apa maksud dari Line dia? Gue mengartikannya sebagai aduan. Gue cewe aduan yang suka ngadu ke cowonya. Jujur, aslinya itu sakit. Di-judge dengan temen yang gue percaya kayak begitu. Gue kagak berkoar masalah gue sama A kemana-mana. Terus A yang nyebar masalah gue dan dia ke anak lainnya tapi gue yang dibilang aduan? Salah di mana kah ini?

Gue terdiam dan berusaha meredam emosi. Jujur, kalau masalah emosi, gue pun emosi. Tapi gue kagak mau kepancing emosi juga. Harus ada yang mikir dengan tenang buat nyelesein masalah ini. Gue jelasin panjang lebar kenapa gue nge-retweet. Biar lebih jelas, gue ketik lagi balesan Line gue :

"gue kagak aduan begitu. ada sesuatu terus langsung gue aduin.. n cowo gue langsung ngebacot di akun dia. gue RT. gue kagak ada niatan kayak begitu.. gue bukan aduan yg ngarepin dibelain cowo gue abis2an. untuk case A, cowo gue emang liat sendiri dan doi ngomong di akun dia. A baca karna gue RT.. oke, case closed. gue pun udah ngomong ke A. orang yg gue omongin pun kagak tau tentang ini. tapi gue kagak tau kalo bakal nyebar kemana2 begini masalah gue n A.. gue mikirnya A udah selesai masalah itu. sekarang case ini, lu ingetin gue. ada cowo gue bikin status buat lu? kagak kan? gue tau niatan lu ingetin, disini gue klarifikasi kenapa gue RT.. beres. plis, jangan dibaca emosi dulu. 
cowo gue kagak sejelek n sebacot itu.. gue cuman RT yg emang gue rasain n buat jadi introspeksi buat gue.. baca semua RTan gue selain sama cowo gue. banyak n kagak tentang MSP doang..
sori banget kalo emang sampe nyakitin banyak orang.. karna gue mikir, kagak semuanya juga pada mau bacain akun gue.. gue bagian dari kalian, gue nge-RT juga bukan karna dia cowo gue. banyak kata2 dia yg pedes n nyakitin buat gue.. tapi gue mikirnya dari sisi lain, ini kritikan buat gue supaya gue kagak kayak yg dia bilang. gue buktiin kalo gue kagak begitu.. tapi ternyata kalian kagak mikir gitu.. oke, gue salah mikirnya begitu.. sori."

Dia bales Line gue paginya. Dia minta maaf karena emosi. See? Emosi emang bikin kacau omongan dan debat kagak bakal berakhir. Bakal berujung berantem.. Kita lanjutin perbincangan kita masalah ini. Gue sangat berharap bakal berakhir baik, tapi kagak. Kenapa kagak? Gue ngira ini kagak baik pas dia bilang :

"... Ya kan yg mslah sampe saat ini A (inisial orang yg twitwar sama cowo gue), bcara aja baik" sblm smuanya malah makin buruk ..."

"... Iya makanya gw blg jangan lo RT yg aneh" hehe ..."

Yang gue liat di sini ada 2 :
1. Gue harus minta maaf buat ngeredam masalah cowo gue dan temen gue.
2. Gue dibatesin buat RT di akun gue sendiri.

Gue kembali terdiam. Di sini gue yang salah kah? Gue bahkan kagak tau kalau bakal jadi masalah kayak begini. Pemikiran gue dalam mengartikan suatu kalimat jadi biang masalah di kelas? Segitu salah kah gue sampe harus minta maaf ke semuanya? Apalagi yang paling miris saat semuanya langsung lost dan ninggalin gue. Hina banget yah gue dan cowo gue? Kita segitu public enemy-nya yah? :)

Gue sama cowo gue emang punya pemikiran yang berbeda akan sesuatu. Itu menurut kita. Kita sering diskusi dan debat masalah "keadaan miris"-nya negara kita bahkan apa yang terjadi di diri gue sendiri. Kayak yang gue bilang, omongan dia kadang nyakitin dan ngeselin gue banget. Asli. Tapi gue pikirin lagi, gue berusaha berpikir jernih kenapa dia sampe bisa ngomong begitu? Gue pun tau dimana salahnya gue. Gue introspeksi diri dan kemudian merubah apa yang salah di diri gue.

"Karena anak jaman sekarang harus dijebretin secara langsung, supaya mau berubah."

Dan apa yang dilakuin cowo gue pun sama kayak yang dilakuin sama bokap gue. Makanya gue pun nerima dan terbiasa dengan kelakuan cowo gue.

Sampai gue di tempat magang dapet pencerahan. Manager di kantor gue pun sharing. Beliau sharing tentang Mentor. Satu kalimat beliau yang paling gue inget :

"Seorang Mentor tidak selalu harus dengan kata-kata lembut untuk memotivasi seseorang. Kadang dia melakukan hal kasar dan menyakitkan sampai akhirnya orang itu melakukan perubahan di hidupnya. Itulah bagian dari motivasi diri"

Gue tersenyum. Jujur gue tersenyum. Yang gue lakuin bener. Gue merubah diri gue karena omongan pedes dan nyakitinnya cowo gue dan bokap gue. Itu bagian dari motivasi dan itu yang gue liat di twit cowo gue yang dipermasalahin orang-orang itu.

Gue minta maaf, gue minta maaf atas pemikiran gue yang berbeda dari kalian, temen-temen gue, sampe bikin kalian sakit hati. Gue cerita ke beberapa orang yang netral dan bukan dari angkatan gue dan cowo gue, bukan juga bagian dari pertemanan gue dan cowo gue. Mereka minta gue buat diam sampe kondisinya reda dengan sendirinya. Gue pun memilih untuk begitu, karena jujur, gue kagak suka debat sama temen sendiri yang pasti banget bakal berakhir dengan berantem. Gue di sini cuman mau klarifikasi tentang keadaan gue kemaren. Makasih banyak buat yang mau ngertiin gue. Makasih banyak buat yang masih peduli sama keadaan gue. Gue di sini obyektif. Kagak bela cowo gue. Feel free kalau mau dilanjut bahasannya, hubungi gue. Tapi satu permintaan gue, tolong dengan kepala dingin :)

With love,
Merry Rizky Oktavianda
Share: